Bahaya Boraks dan Formalin pada Makanan Bahaya Boraks dan Formalin pada Makanan

Rabu, 25 Juli 2012

Bahaya Boraks dan Formalin pada Makanan


kali ini saya mencoba posting tentang bahaya boraks dan formalin pada makanan, berhubung karena dalam situasi bulan ramadan.
bulan ramadan ini tidak di sia-siakan oleh para penjual yang usil untuk meraup untung yang sebanyak2nya dengan modal yang sedikit2nya.

mereka kerap kali menambahkan boraks dan formalin pada makanan

apa sih boraks dan formalin itu?

Boraks dan formalin merupakan bahan pengawet yang umumnya digunakan untuk industri tekstil, kayu, dsb. Dapat juga digunakan sebagai pembasmi serangga dan hal-hal lain yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan makanan.


nah berikut ini poin-poin penting yang perlu di perhatikan 
  • Jenis pangan yang menjadi sasaran penggunaan boraks atau formalin pada proses pembuatannya adalah tahu, tempe, bakso dan ikan asin.
  • Akibat dari penggunaan boraks atau formalin pada produk pangan adalah berbagai gangguan pada saluran pencernaan, hati, saraf, otak, serta pada organ-organ yang berselaput yang terkena secara langsung. Dan bila terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan kanker bahkan kematian.
  • alasan para produsen menggunakan formalin dan boraks sebagai bahan pengawet makanan adalah karena kedua bahan ini mudah digunakan dan mudah didapat, karena harga nya relatif murah dibanding bahan pengawet lain yang tidak berpengaruh buruk pada kesehatan.


tetaplah waspada,
dan untuk mengenali tanda2 kalau makanan telah telah terkandung zat berbahaya
akan saya posting pada postingan berikutnya



sekian, semoga membantu

0 komentar:

Posting Komentar

komentar Anda Sangat Bermanfaat

Popular Posts